Telusuri

Ramadhan Ngapain Aja??


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Marhaban Ya Ramadhan. Selamat bagi kalian yang sedang menunaikan ibadah puasa pada Hari ini, Alhamdulillah kita kembali dipertemukan di bulan yang penuh dengan kemuliaan ini. 

                Tapi... apa kalian ada persiapan untuk Ramadhan tahun ini? Jika jawabannya sudah, Bagus sekali karena untuk menghadapi bulan Ramadhan perlu adanya rencana-rencana ataupun strategi yang baik dalam melaksanakan ibadah Puasa di bulan ini agar maksimal dalam beribadah. Tapi bagi kalian yang belum? Apa masih bingung bagaimana cara yang tepat untuk mengisi hari-hari saat #DirumahAja selama Ramadhan? Tidak perlu khawatir, dalam tulisan kali ini akan saya bahas beberapa kegiatan yang dapat mengisi dan menemani waktu Puasamu selama dirumah saja. Mari kita bahas...

                Sebelum kita mulai, perlu kita ketahui bahwa Ramadhan kali ini tentunya sangat berbeda dengan Ramadhan pada tahun-tahun yang sudah lalu dikarenakan adanya wabah Covid-19 yang melanda dunia pada saat ini. Tentunya ini akan berdampak pada aktivitas Ramadhan lain seperti Ngabuburit, Tarawih, Tadarus di masjid, dll. Tapi semua hal tadi bukan menjadikan alasan untuk kita bermalas-malasan loh ya selama Puasa, apalagi sering sekali kita mendengar Hadits Populer tapi PALSU yang selalu beredar ketika sudah masuk pada bulan Ramadhan, bunyi Hadits itu kurang lebih seperti ini :

“Tidurnya Orang yang berpuasa itu Ibadah”

Banyak orang ketika membaca hadits yang satu ini menjadikannya Dalil untuk bisa bermalas-malasan ketika berpuasa di bulan Ramadhan padahal hal ini salah besar karena itu sama saja kita menyia-yiakan waktu yang telah Allah berikan kepada kita dan mengisinya hanya dengan Tidur, sayang sekali bukan?? Kesempatan mendapatkan Pahala & Ampunan dari Allah tidak kita manfaatkan sebaik mungkin.

Ada yang namanya Amal Yaumi yaitu amalan-amalan yang biasa kita lakukan sehari-hari dan ini mencakup pada amalan sunnah, ada 7 amalan sunnah utama :
1. Sholawat
2. Sodaqoh
3. Istighfar
4. Puasa Sunnah
5. Tahajjud
6. Dhuha
7. Wudhu

                Dari ketujuh amalan yang sudah saya sebutkan diatas, hanya amalan nomor 2 yang tidak dapat kita kerjakan pada saat ini yaitu Puasa Sunnah karena kita di bulan ini memang diwajibkan untuk puasa Ramadhan. Maka 6 amalan lain dapat diusahakan untuk dikerjakan selama ramadhan ini.
                Tentunya amalan tadi akan terasa berat jika baru anda lakukan karena belum terbiasa, maka ini  adalah momen yag tepat untuk kita membiasakan diri di bulan Ramadhan dengan mengisi keseharian dengan ibadah sunnah. Dalam tulisan kali ini saya akan membahas mengenai cara-cara yang biasa saya lakukan ketika berada dirumah dan ini tentunya bisa dilakukan selain di bulan Ramadhan.
1. Pagi Hari (06.00 – 12.00)
                Sebenarnya tidak ada waktu spesifik untuk memulai aktivitas di pagi hari, karena itu semua kembali lagi bergantung pada situasi dan kondisi para pembaca sekalian, namun disini saya mengambil rentang waktu dari pukul 06.00 Pagi hingga 12.00 Siang agar mudah untuk diukur, tentu kita semua memiliki yang namanya Hobbi, biasanya pada pukul 06.00 – 08.00 saya gunakan untuk menonton beberapa video Kajian atau Film favorit dan beberapa hobbi saya yang lain, namun semua kembali lagi kepada kalian bagaimana mengatur waktunya. Setelah jam 08.00 tadi bisa diisi untuk membantu orang tua, sapu rumah, ngepel, dll. Lalu sekitar jam 09.00 kita dapat melakukan Sholat Dhuha, bisa 2 Rakaat, 4 rakaat, sampai 12 Rakaat tergantung kepada kalian. Setelah sholat Dhuha bisa kalian isi dengan mengerjakan tugas jika kalian adalah seorang pelajar atau Mahasiswa seperti saya hehe karena Mood biasanya lebih bagus ketika di pagi hari.

2. Siang & Sore Hari (12.00 – 18.00)
                Ketika siang hari bisa kalian isi dengan Ibadah Sunnah lain misalnya membaca Al-Qur’an + Dzikir dan banyak lagi. Bisa juga kalian isi dengan aktivitas lain berkaitan menambah Tsaqofah yaitu dengan membaca Buku, belajarhal-hal baru, dll. Ngabuburit juga bisa dilakukan dengan mencari jajanan untuk berbuka puasa yang ada di dekat rumah.

3. Maghrib (18.00 – 19.00)
                Setelah sholat Maghrib kalian juga bisa mengisinya dengan kembali membaca Al-Qur’an atau ditambah dengan menambah Hafalan.

4. Isya
                Di waktu isya hingga subuh bisa kalian isi dengan Tarawih dan Tadarus Al-Qur’an atau mendengar Kajian via Online sesuai yang kalian inginkan, intinya satu.. perbanyak ibadah daripada dibulan lain.
                Beberapa penjelasan di atas hanyalah sebuah gambaran kasar yang saya jabarkan karena mengenai aktivitas yang paling sesuai tentunya hanya para pembaca yang tau, setidaknya pejelasa tadi bisa menjadi sebuah gambaran umum untuk memanfaatkan waktu. Bisa kalian selipkan amalan-amalan sunnah pada aktivitas kalian sehari-hari.

                Kalian ingin mengkhatamkan Al-Qur’an selama Bulan Ramadhan ini?? Caranya mudah, setiap sholat 5 waktu gunakan untuk membaca Al-Qur’an.
1 Juz = 10 Lembar
Setiap Sholat 5 Waktu kalian bisa baca 2 Lembar
5 x 2 = 10 Lembar = 1 Juz
Tapi jika kalian ingin 2x khatam, bacaan Al-Qur’annya bisa ditambah menjadi 4 Lembar setiap habis Sholat Fardhu.
5 x 4 = 20 Lembar = 2 Juz


Baik, mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan semoga semua amal ibadah kita Allah terima di Bulan Ramadhan tahun ini, Aaaaaaamiiiin Ya Robbal ‘Alaamiin.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

SEE YOU NEXT TIME.............

Posting Komentar

0 Komentar