Telusuri

Memilih Antara Desktop & Laptop


Mungkin ada diantara pembaca yang saat ini sedang dilanda kebingungan atau dilema antara memilih harus membeli Laptop atau merakit Desktop untuk dijadikan salah satu fasilitas penunjang sehari-hari, di era serba digital ini yang mana sudah jauh lebih mudah dalam mengakses sesuatu termasuk dalam hal mengerjakan tugas-tugas tentunya smartphone lebih mudah untuk kita gunakan. 

 

Hal itu dirasa wajar mengingat harganya yang relatif lebih terjangkau, mudah dibawa ke banyak tempat, dll. Tapi bukan itu yang ingin saya bahas, sesuai judul di atas saya akan memberikan beberapa aspek-aspek perbandingan antara laptop dan desktop dilihat dari berbagai aspek yang akan saya kemukakan.

 

Harapannya artikel ini dapat sedikit menjawab keresahan/kegalauan para pembaca yang saat ini sedang bingung apakah anggaran dan dana yang ada lebih baik digunakan untuk membeli laptop atau merakit desktop. Mari kita bahas satu persatu :

 

1. Mobilitas


Jika bicara tentang sebuah gadget yang bisa kalian gunakan kapan pun dan dimana pun jawabannya pasti akan mengarah ke laptop, karena memang didesain untuk kalian yang memiliki mobilitas tinggi yang suka bepergian jauh, bekerja dimana saja, dan lain sebagainya.

 

Tentunya sebuah desktop tidak dapat melakukan hal ini, jadi sebelum kalian memilih diantara dua gadget ini kalian pasti bisa kan mengukur siapa diri kalian, pekerjaan kalian, waktu dan tempat kalian. Apa kalian seorang mahasiswa yang biasa bepergian ke caffe untuk mengerjakan tugas? Atau kalian adalah seorang yang hidupnya memang lebih sering berada di rumah dibanding tempat lain? Kalian bisa menentukannya sendiri.

 

Selain itu pertimbangan lainnya adalah tentang praktisnya jika kita memlih laptop karena tidak perlu pusing untuk merakit atau mengenal tiap komponen komputer yang ada, jadi kembali lagi pada diri anda apakah siap direpotkan atau tidak.

 

2. Peningkatan 


Terkadang kita butuh gadget dengan teknologi terbaru agar lebih menunjang pekerjaan kita untuk bekerja lebih baik, solusinya adalah dengan meningkatkan komponen yang kalian butuhkan untuk mendapatkan hal itu. Mari kita lihat dari sisi laptop, opsi peningkatan atau upgrade yang biasa kita dapat jumpai pada banyak atau bisa saya katakan semua laptop yang ada dipasaran saat ini hanya bisa mengganti kapasitas memori dan RAM. Karena laptop adalah sebuah gadget portable yang bisa dibilang lengkap komponennya maka opsi upgrade memang tidak bisa banyak.

 

Sedangkan untuk sebuah desktop kalian bisa meningkatkannya sesuka hati kalian sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada. Hal ini yang membuat desktop menjadi lebih powerfull dibandingkann dengan sebuah laptop, contohnya jika kalian membeli laptop dengan VGA keluaran tahun 2015 maka beberapa tahun kedepan akan bermunculan VGA yang lebih baik dari seri yang ada di Laptop kalian, maka jika kalian ingin memiliki VGA tersebut kalian perlu membeli Laptop baru yang memiliki VGA tersebut, sedangkan jika menggunakan PC desktop maka kalian hanya perlu mengganti VGAnya saja tanpa perlu membongkar komponen yang lain.

 

Tentunya dengan catatan kita harus tahu kemampuan desktop kita sampai mana dan komponen apa saja yang dapat kompatibel dengan PC tersebut.

 

3. Daya 


Bicara soal daya pada sebuah laptop dan desktop memang sesuatu yang perlu untuk dibahas, karena jika dilihat dari penggunaan listrik yang ada memang laptop lebih irit daya dibandingkan sebuah PC desktop, hal ini terjadi karena saat sebuah Desktop diperlukan untuk kinerja yang ‘lebih’ maka otomatis konsumsi daya akan langsung meningkat signifikan agar mencapai performa yang diinginkan.

 

Hal tersebut tidak akan terlalu berdampak pada sebuah laptop karena untuk memenuhi hal yang disebut irit tadi jadi hal ini tidak akan menjadi masalah untuk listrik bulanan dirumah anda.

 

4. Ruang 


Beralih kepada hal yang lebih menitikberatkan soal luas ruangan di kamar anda, maka laptop akan menjadi solusi yang tepat jika anda tinggal disebuah kos-kosan dengan ruangan yang kecil atau kamar yang kecil.

 

Jika pada sebuah desktop maka kalian harus memberikan sebuah tempat khusus untuk memasangnya dengan segala colokan kabel untuk desktop kalian, sebenarnya ada juga kok PC yang hemat tempat seperti  halnya mini PC. Intinya untuk aspek yang satu ini sebenarnya tergantung dari kalian sendiri dalam mengoptimalkan ruangan.

 

5. Harga 


Aspek yang satu ini mungkin akan menjadi penentu kalian untuk lebih memilih membeli desktop atau laptop, umumnya merakit sebuah PC jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli laptop walau dengan spesifikasi yang  sama, alasannya mungkin karena biaya produksi laptop dengan segala inovasinya yang membuat harganya sedikit atau jauh lebih mahal dan kita dapat semuanya dalam satu perangkat.

 

Sedangkan untuk sebuah PC rakitan dari fakta yang pernah saya lihat bahwa dengan PC rakitan seharga Rp 5.000.000-an (tanpa tambahan biaya pheripheral dan lain sebagainya) dapat memainkan sebuah game GTA V, sedangkan laptop dengan harga yang sama masih banyak diragukan untuk memiliki spesifikasi mumpuni untuk dapat melakukannya karena rata-rata laptop diharga segitu tidak dilengkapi oleh dedicated graphic.

 

Oke sampai pada bagian akhir dari artikel ini, kesimpulannya dari lima aspek yang saya bahas tadi adalah tergantung dari para pembaca lebih membutuhkan yang mana, desktop atau laptop?

 

Perlu diketahui  bahwa saya tidak bermaksud menjelek-jelekkan salah satu dari dua jenis gadget tersebut karena saya pribadi juga menyukai keduanya dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Artikel ini saya tulis bertujuan untuk membuka wawasan para pembaca  yang mungkin masih awam dalam hal ini agar dapat lebih memprioritaskan budget atau anggaran yang dimiliki untuk membeli sebuah perangkat yang lebih tepat sasaran dan memiliki jangka waktu penggunaan yang relatif panjang di kemudian hari.

 

Jika para pembaca masih kurang paham setelah membaca artikel ini, maka saya menyarankan untuk menonton dua video yang saya rekomendasikan agar dapat lebih mudah memahami perbedaan penting antara laptop dan desktop ini, karena tidak dapat dipungkiri referensi saya menulis ini selain dari bertanya kepada teman dan abang yang paham saya juga menonton video yang berkaitan dengan hal ini agar menambah referensi dan wawasan soal ini, berikut link videonya :

1. Desktop - Jagat Review

2. Laptop - Nerds Reviews ID

 

Baik, sekian tulisan saya dalam artikel kali ini semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan saya mohon maaf jika ada salah-salah kata dan hal yang kurang berkenan dari artikel ini. Jika memiliki kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar di bawah ya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

SEE YOU NEXT TIME......

Posting Komentar

28 Komentar

  1. Ya sepertinya skg sudah jrg org2 memakai desktop y ? Apa akunya yg tidak melihat? Hehehehe tp memang lebih simole memakai laptop sih y.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah masih banyak kok Kak. Iya Kak, laptop lebih mudah diajak ke mana-mana

      Hapus
  2. Aku sendiri butuh banget desktop kalau lagi ngeblog atau bikin invoice, pakai hp susah hikss.. cuman lebih banyak pakai hp sih memang yah kak, sesuai dengan mobilitas kita masing2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Gan, kalau Teddy pribadi biasa nulis lewat Hp. Lebih simple dan cepat hehe.

      Hapus
  3. so far aku masih tim laptop karena lebih fleksibel hehe. meski banyak banget sekarang orang2 yang pake pc dengan seambrek peralatan di meja kerja. pengen juga sih tp mungkin nggak sekarang šŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teddy juga gunakan Laptop Kak, karena jelas belum ada Dana buat merakit PC hehe. Daya listrik juga jadi pertimbangan.

      Hapus
  4. Aku lebih prefer buat milih laptop. Karena ya karena mobilitas nomaden tiap hari. Hehehe.. Selain itu PC pasti butuh ruang di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, mungkin suatu hari nanti akan tertarik merakit sebuah Desktop??

      Hapus
  5. Fix, untuk pekerjaan saya lebih milih laptop. Bahkan saat ditawari dengan dekstop tetap milihnya laptop. Alasannya klise, mobilitas.

    BalasHapus
  6. saya butuh dua-duanya hehehe, kalau lagi mobile pastinya laptop barang paling penting buat saya, tapi kalau di rumah bisa pakai mana aja sih kalau ada desktop enaknya karena layarnya yang bisa memilih yang lebar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang, apakah Abang juga memakai monitor ganda atau tidak?

      Hapus
  7. Ya..untuk kerja sih enaknya sih laptop mobilitas, gamoang dibawa. Tapi kalau untu keluarga , buat belajarin anak..enaknya pake dekstop sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, tergantung preferensi setiap orang.šŸ˜ƒ

      Hapus
  8. Fikri febrianto06 April, 2022 18:31

    Menurut saya 2 2 ny saat ini masih banyak digunakan hanya saja DESKTOP tak terlihat karna mobilitasnya yg sulit
    NAMUN untuk keperluan kantor saat ini pilihan mereka adalah DESKTOP karna durabilitas dan peforma yang tinggi serta bisa membuat EKOSISTEM jaringan lokal sendiri agar perpindahan data antara divisi lebih mudah
    Apalagi seperti EDITOR,PRO PLAYER laptop hanyalah sampingan

    BalasHapus
  9. Laptop dan PC sama-sama punya kelebihan dan kekurangan sih ya. Tergantung kebutuhan kita jatuhnya :)

    BalasHapus
  10. Bener bet. Dulu pertama rakit desktop seharga 3jutaan bisa mainkan GTA San Andreas. Skrg punya laptop seharga yg sama. Gabisa mainin game itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk Game San Andreas sih Bisa Bang, karena itu game ringan kok. Mungkin sekelas GTA IV dan V yang tidak bisa.

      Hapus
  11. Wah kebetulan suami lagi mau nabung antara beli laptop atau PC rakit buat keperluan editing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya Kak, semoga dapat membantu menentukan keputusan yang akan dipilih.šŸ™

      Hapus
  12. kalau saya sendiri lebih suka memakai laptop sih soalnya enak bisa dibawa kemana saja, kalau pc sebenarnya juga bagus, tapi untuk tempatnya masih belum ada di rumah hehe...

    BalasHapus
  13. Aku tim desktop hehe. Memang, semua ada kelebihan dan kekurangannya ya kak. Sekarang, aku lagi pengen beli laptop lagi karna biar bisa dibawa ke mana2 sebagai pendukung kerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, semangat Kak. Laptop yang kayak gimana maunya Kak??

      Hapus
  14. MIla sejauh ini masih menggunakan laptap kak karena sering pergi-pergi dan selalu menggunakannya untuk kebutuhan yang mendesak. hehe. Ada kenginginan destop untuk kedepannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, Begitu ya Kak? Semoga Allah Mudahkan merakit Desktop ya.

      Hapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)