Telusuri

Fog Hill of Five Elements - Musim 1 & 2


Hari yang cerah tiba-tiba berubah menjadi hari yang penuh dengan tanda tanya. Semuanya berawal dari rekomendasi anime China atau Donghua yang diberikan partner saya, Teddy. Darinya, saya akhirnya tahu bahwa donghua benar-benar keren, dan tidak kalah dari anime Negeri Matahari Terbit, Jepang.

Donghua yang Teddy rekomendasikan untuk saya tonton, sekaligus menjadi yang pertama untuk saya, adalah Fog Hill of Five Elements.

Ya, 5 Elemen dari Bukit Kabut. Donghua ini diproduksi oleh studio Samsara Animation Studio dan rilis pada tahun 2020 lalu. Sekarang, Fog Hill of Five Elements ini telah masuk ke season 2.

Judul asli dari donghua ini adalah Wu Shan Wu Xing. Menceritakan perjuangan 5 orang dari 5 elemen utama, yakni Api, Air, Tanah, Kayu dan Logam dalam menjaga segel aegis, penghalang antara dunia manusia dan para monster yang mengerikan.

Cerita donghua ini dimulai saat utusan api, bernama Wen Ren Yi Xuan secara pribadi membuka segel tersebut untuk dapat menolong ibunya yang sekarat. Segel aegis yang terbuka kemudian mengantarkan Yi Xuan untuk bertemu Kirin. Binatang Suci yang ada di dalamnya.

Karena permintaan Yi Xuan yang tidak dituruti terjadilah pertarungan yang dahsyat. Yi Xuan dengan kekuatan apinya benar-benar bukanlah tandingan sepadan untuk Kirin. Meskipun sudah masuk ke mode kedewasaan Huo Huan, Yi Xuan tetap tidak mampu melawan Kirin tersebut.

Di saat ia hampir terpojok, beruntung ada 4 elemen lain yang datang. 4 elemen itu adalah Air (Zhong Ping), Tanah (Tu Xing), Mu Xing (Kayu), dan Logam (Jin Xing).

Alih-alih membuat Kirin jiper, ia justru semakin menyerang Yi Xuan dan menangkap Ting (Ibu Yi Xuan) dan Yuan Mei (adik Zhong Ping). Ia kembali ke aegis dan menyegelnya.

Cerita flashback inilah yang kemudian menjadi pengantar awal Fog Hill of Five Elements. Fighting yang seru dan serba cepat jelas memberikan nilai lebih tersendiri untuk donghua ini.

Pertama kali melihatnya, saya tak bisa berhenti berkata “Wuanjjiir, keren bat nih fightnya”.

Beranjak dari flashback ini, kita kemudian akan dialihkan pada kisah gadis polos Xiao An. Seorang anak dari Kepala Desa bernama Bai Yi. Sekilas kita akan diberikan gambaran bahwa Bai Yi ini adalah sosok yang bersahaja dan benar-benar mengayomi.

Bisa kita katakan bahwa Bai Yi ini adalah seorang tabib yang senantiasa membantu warga yang alami sakit dengan obat-obatnya yang manjur. Ya, perkenalan baik ini akan berubah langsung ketika kita telah menonton episode kedua.

Ketika Yi Xuan berhasil sedikit menguak fakta jahat Bai Yi, ayah Xiao An yang menahan binatang suci Qilin untuk jadi sumber pil keabadian dan kekuatan.

Alur cerita yang cepat juga dihadirkan dengan di episode 1. Berawal dari misi Xiao An untuk mencari guci pengganti dari guci yang telah ia rusak. Singkat cerita, ia bertemu dengan 3 makhluk mencurigakan di hutan.

Takut akan perawakan mereka yang menyeramkan, Xiao An dengan cepat menyembunyikan koin emasnya di belakang punggung dan menjawab cepat pertanyaan di manakah desa terdekat dari mereka.

Rasa takut tidak tertahan pada akhirnya membuat Xiao An lari ketakutan dan akhirnya terjatuh. Ia kemudian bertemu dengan bebek, Shui Bao dan Yi Xuan. Pertemuan awal inilah yang juga memberikan penjelasan sekilas pada penonton tentang Legenda 5 Pejuang Elemen. Diantarkanlah Xiao An untuk mendapatkan guci yang ia inginkan.

Di saat perjalanan pulang menuju desa Xiao An, mereka dikejutkan dengan pertempuran antara Kakak Keenam dan Kakak Kelima dari Bai Yi dengan 3 sosok misterius yang tadi Xiao An temui. Satu di antara 3 sosok tersebut adalah Chen Shou, iblis kuat.

Momen epic terjadi di sini. Di mana untuk pertama kalinya, Xiao An mengeluarkan kekuatan apinya yang luar biasa. Berlanjut dari sana, kita juga akan diberikan kisah sedih nan singkat dari Kakak Beradik, Yu Qing dan Dan Zi.

Di mana pertemuan hangat mereka di awal episode 2, harus berakhir dengan hilangnya nyawa sang adik Dan Zi setelah ditebas oleh Kakak Kelima Bai Yi yang alami kerasukan.

Pertempuran antara Chen Sou dan Yi Xuan terus berlanjut, di mana animasi keren ala-ala komik China disuguhkan. Di saat terpojok, Yi Xuan kemudian beralih ke mode kedewasaan dengan Api Huannya.

Perubahan yang ia lakukan ini, sekilas mengingatkan kita pada mode baryon milik Naruto di Boruto The Next Naruto Generation. Meskipun jujur saja, perubahan Yi Xuan ini lebih epic.

Di akhir pertempuran ini, Yi Xuan akhirnya menemukan Qilin, binatang suci yang berhasil keluar dari segel aegis di awal episode 1. Binatang tersebut dirantai dan terus-terusan diambil sisiknya untuk jadi obat.

Yi Xuan marah besar terhadap Bai Yi, mengacuhkannya dan pergi membawa Qilin ke tempat aman.

Inilah sekilas dari review film Fog Hill of Five Element dari saya. Untuk episode 3 dan seterusnya, kita akan disuguhkan dengan pertempuran luar biasanya dengan Utusan Api terbaru Wen Ren Jing Xuan, yang tidak lain adalah adik dari Wen Ren Yi Xuan.

Terdapat sedikit flashback yang menjelaskan alasan mengapa Yi Xuan membuka segel aegis untuk ibunya, serta mengapa air (Zhong Ping) tidak menyukai Yi Xuan meski sudah menolongnya 2 kali sepanjang cerita.

Selain itu, kita akan disuguhkan drama kucing-kucingan mendapatkan binatang Qilin, termasuk sisiknya, dari 3 makhluk sekaligus. Yakni dari monster mengerikan, pendekar elemen dan juga manusia desa yang dibekali dengan kekuatan pil keabadian.

Secara garis besar, donghua menawarkan alur cerita maju mundur yang cepat, tapi dengan benang merah yang masih bisa dipahami. Episode terakhir dari season 2 nya, membuat kita lega akan kondisi Yi Xuan, Jing Xuang, Shu Qi.

Akhir yang sedikit menggantung ini dari season 2 ini jugalah, yang pada akhirnya membuat saya bertanya-tanya. Bagaimana nasib Yi Xuan yang jatuh ke jurang ya?. Teddy sepertinya ingin membuat mati penasaran 😂.

Donghua ini mendapatkan nilai 10/10 dari saya. Baik itu dari segi cerita yang ringan, cepat dan dikemas menarik. Animasinya yang benar-benar keren, terlebih scene fightnya yang luar biasa. Untuk komedinya, saya kurang mendapatkannya, tapi saya rasa cukup untuk suasana cerita yang mencekam dari awal hingga akhir.

Btw, ini adalah tulisan saya pertama di Blog Teddy. Semoga dapat menghibur ya.


Artikel ini dibuat oleh Bang Andri Marza Akhda, partner saya untuk kedepannya 😁. Beliau seorang blogger yang begitu aktif menulis berbagai hal unik serta menarik. Mulai dari teknologi, tips dan trik, budaya populer dan banyak lagi.

Silakan berkunjung ke blognya ya untuk membaca tulisan-tulisan beliau Andri Akhda.


Gambar : Dari Penulis

Posting Komentar

0 Komentar